Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penurunan Jumlah Siswa Di SMK Swasta Pembaharuan Siantar

  • STIE Mars admin
  • Yusmalinda
  • Yonathan Mika Partogi
Keywords: Sekolah, Faktor-faktor, Penurunan, Strategi, Pemasaran.

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan sebuah institusi pendidikan negeri ataupun swasta yang menawarkan kegiatan pendidikan formal mulai dari jenjang pra-sekolah sampai ke jenjang pendidikan tinggi. Yang menjadi objek penelitian penulis adalah SMK Swasta Pembaharuan Siantar. SMK Swasta Pembaharuan Siantar merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan di Kecamatan Siantar Kabupaten Sinmalungun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan penurunan jumlah siswa, dan untuk mengetahui strategi pemasaran yang  dilakukan sekolah untuk meningkatkan daya saing sekolah dalam meningkatkan jumlah peserta didik baru di SMK Swasta Pembaharuan Siantar. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan metode wawancara yang ditunjang dengan metode pengamatan dan pencermatan dokumen pada saat wawancara dilakukan.

Berdasarkan hasil analisis penulis, faktor-faktor penyebab menurunnya jumlah siswa di SMK Swasta Pembaharuan Siantar yaitu : 1) minat masyarakat, 2) lokasi sekolah, 3) status sosial ekonomi masyarakat, dan 4) segmentasi pasar. Strategi pemasaran yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan jumlah siswa yaitu : 1) melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat, 2) memperbaiki mutu pendidikan dengan melakukan kerjasama dengan DUDI, 3) melakukan kerjasama dengan alumni sekolah dalam kegiatan , 4) melakukan kerjasama dengan alumni sekolah dalam penerimaan siswa didik baru, dan 5) melakukan kegiatan promosi sekolah.

References

A.F Stoner, James dan Edward Freeman (eds). 1996. Manajemen. Jilid I, terjemahan. Alexander Sindoro, Jakarta: PT Prahallindo.
Alma, Buchari. 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi Bandung: Alfabeta.
Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Byram & Wenrich. 1956. Vocational Education and Practical Arts in the Community School. New York: The Macmillan Company.
Depdikbud.1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Djohar, A. 2007. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana.
Engkoswara. 2011. Dasar-dasar Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Evans, James R. dan William M. Lindsay. 2007. An Introduction to Six Sigma and Process Improvement. Jakarta :Salemba Empat.
Hadipranata, AF. 1980. Peran Psikologi di Indonesia. Yogyakarta: UGM
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hunt, HK. 1977. Overview and Future Research Directions. New York: McGraw Hill Inc.
Jasfar, Farida. 2012. Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 1994. Marketing management: Analysis, Planing, Implementation,. Control. New jersey: Prentice Hall, Inc.
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi keduabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba.
Morrison, dkk. 2001. Fungsidan Manfaat Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Muhaimin, dkk. 2005. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhaimin, dkk. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Parasuraman, A., V.A., Zeithml dan L.L., Berry. 1998. SERVQUAL : A Multiple Item Scale for Meansuring Consumer Perseption of Service Quality. Jurnal of Retailing.
Sudarto. 1997. Membuat Biogas. Yogyakarta: Kanisius.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy. 2004. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta: ANDI.
Udin Syaefudin Sa’ud dan Abin Syamsudin Makmud. 2005. Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wiradi. 2001. Strategi Pemasaran Perusahaan. Bandung: Yayasan AKATIGA
Yazid. 2008. Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonosia Kampus Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Yoseph, Herman. 2014. Penilaian Belajar Siswa di Sekolah, Yogyakarta: Kanisius.
Zeithaml, Valarie A and Bitner. 2000. Service Marketing 2nd edition : Integrating Customer Focus. New York.McGraw-Hill Inc.
Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. 2002. Service Marketing. New York: McGraw Hill Inc.
Published
2025-07-22