Pengaruh Kebijakan Penetapan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Pada C V Raja Dame Kecamatan Tanah Jawa Kabupaten Simalungu

  • STIE Mars admin
  • Jesika Melina Simamora
  • Ronaldo Nainggolan
Keywords: Harga, Tingkat Penjualan

Abstract

Peran kebijakan penetapan harga terhadap keberhasilan perusahaan memegang peranan yang sangat penting terutama dalam bidang UKM. Agar tingkat penjualan tercapai, maka produk yang dijual harus mempunyai harga dan kualitas yang sesuai dengan keinginan konsumen. Hal ini membuat konsumen mempunyai pilihan dalam mengambil keputusan pembelian.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kebijakan penetapan harga yang digunakan pada CV Raja Dame dan untuk mengetahui pengaruh kebijakan harga terhadap volume penjualan oleh CV Raja Dame. Adapun metode yang digunakan adalah full cost pricing plus mark up dengan teknik analisis deskriptif yang berorientasi pada biaya, dimana perusahaan menetapkan harga jual untuk suatu jenis produk yang besarnya sama dengan jumlah biaya per unit ditambah dengan suatu jumlah sebagai laba yang diinginkan dan menambahkan persentase tertentu yang ditetapkan sebelumnya atas biaya produk tersebut.

Berdasarkan data-data perusahaan yang telah diolah, maka didapat kenaikan atau peningkatan penjualan pada CV Raja dame dengan persentasi pertumbuhan harga dan penjualan produk pada tahun 2015-2018 . 2015 s/d 2016=(0%-1%; 0%-16%), 2016 s/d 2017=(1%-11%; 16%-30%), 2017 s/d 2018=(11%-18%; 30%-36%). Ini berarti bahwa setiap perubahan 1 tahun unit variabel independen X (kebijakan harga) akan diikuti dengan perubahan variabel dependen Y (tingkat penjualan). Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh antara kebijakan harga dengan tingkat penjualan selama 4 tahun berturut-turut dilihat dari peningkatan persentasi dari 16% s/d 36%, yang berarti bahwa kebijakan kebijakan harga memiliki peranan dalam meningkatkan penjualan hingga mencapai ke titik 36%, sisanya 64% dipengaruhi oleh faktor di luar dari sistem penetapan kebijakan harga. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa efektifitas kebijakan harga dapat meningkatkan penjualan produk pada CV Raja Dame.

References

Abidin, Said Zainal. 2004. Kebijakan Publik. Jakarta: Penerbit Pancur Siwah.
Adrian Payne. 2014. Pemasaran Jasa : The Essence of Service Marketing. Andi, Yogyakarta.
Basu Swastha. 2001. Manajemen Pemasaran Modern: Yogyakarta : BPFE.
Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Basu Swastha. 2004. Manajemen Pemasaran. Edisi Kelima. Cetakan Kelima. Jakarta: Penerbit Liberty.
Basu Swastha. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Keenam. Cetakan Keenam. Jakarta: Penerbit Liberty.
D. Lasswell, Harold, & Kaplan, Abraham. 1970. Power and Society. New Haven: Yale University Press.
Danang, Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi.Bandung : PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Gitosudarmo, Indiryo. 2014. Manajemen Pemasaran. Cetakan Ketiga, Edisi Kedua. Yogyakarta: BPHE.
Hansen & Mowen. 2001. Manajemen Biaya. (Diterjemahkan oleh: Benyamin Molan). Buku II, hal 633. Penerbit Salemba empat. Jakarta
Kolter, Philip. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2 . Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip –Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen. Jakarta : Prenhalindo
Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta : Salemba Empat.
Pakpahan, Efendi. 2009. Volume Penjualan. Jakarta: PT. Bina Intitama Sejahtera.
R.A. Supriyono. 2001. Akuntasnsi Biaya (Perencanaan dan Pengendalian Biaya serta Pembuatan Keputusan). Edisi II. Yogyakarta : BPFE.
Stanton, William, J. 1997. Fundamental of Marketing. Edisi Bahasa Indonesia Terjemahan oleh F.X. Budianto. Jakarta: Binarupa Aksara.
Published
2025-07-22