Analisis Sistem Manajemen Mutu Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Dalam Pengajuan Klaim Dana Pensiun Pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Pematangsiantar

  • STIE Mars admin
  • Dita Puja Marpaung
  • Widia Valentina Sihombing
Keywords: Sistem Manajemen Mutu, Tingkat Kepuasan Peserta

Abstract

Sistem  manajemen mutu adalah persyaratan standar yang digunakan untuk mengakses kemampuan organisasi dalam memenuhi persyaratan pelanggan,  perusahaan yang menerapkan sistem manajemen mutu dengan baik, akan memberikan rasa akan terhadap pelanggannya, dan pada akhirnya meningkatkan kepercayaan dan adanya kepuasan pelanggan. 

Penelitian ini mengenai Analisis Sistem Manajemen Mutu Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta dalam Pengajuan Klaim Dana Pensiun Pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Pematangsiantar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner dan observasi langsung ke lapangan. Metode analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, regresi sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20.0. Jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan rumus Slovin dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode accidental sampling, yaitu  responden yang bertemu kebutulan dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat disimpulkan bahwa sistem manajemen mutu mendapat persentase score 95,9% atau berada pada garis rentang score 4,79% dengan predikat sangat baik dan tingkat kepuasan peserta mendapat persentase score 95,7% atau berada pada garis rentang score 4,78 dengan predikat sangat baik.

Dengan demikian, sistem manajemen mutu terhadap tingkat kepuasan peserta dalam pengajuan klaim dana pensiun pada PT. Taspen (Persero) Kantor Cabang Pematangsiantar sebesar 75,0%. Sedangkan sisanya yaitu 25,0% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini

References

Budisantoso Totok, Triandaru Sigit. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan Lain.
Jakarta: Salemba Empat
Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariwijaya, M., Triton P, B. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Yogyakarta : Oryza.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2006. Semarang: CV. Widya Karya.
Kasmir. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. Cetakan 14. Rajawali Pers, Jakarta.
Kementerian Dalam Negeri. 1981. Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1981. tentang Asuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil.
Kotler, P., Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Lovelock, C., dkk. 2005. Service Marketing in Asia. Singapore: Pearson Prentice Hall.
Nasution, M. N. 2005. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Priyatno, D. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Republik Indonesia. 1992. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1992 tentang Dana Pensiun
Sekretariat Negara. Jakarta
Retnoningsih., Suharno. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya
Singgih, S. 2000. Latihan SPSS Statistik Parametik. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publishing.
Umar, H. 2003. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.
Walker, R, J. 2010 Introduction to Hospitality Management Pearson Education. New Jersey.
Zulaini, Wahab. 2001. Dana Pensiun dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja di Indonesia. PT. Citra, Aditya Bakti: Bandung
Sumber Internet
http://www.taspen.co.id (26 Oktober 2018)
https://www.google.com/search?q=sistem+manajemen+mutu+bab+2&oq=sistem+manajemen+mutu+bab&aqs=chrome.1.69i57j35i39.10262j0j9&sourceid=chrome&ie=utf-8 (5 November 2018)

https://www.karyaone.co.id/blog/dana-pensiun/ (10 November 2018)
https://www.google.com/search?safe=strict&ei=FbSXXMGZJJDhz7sPgJqp2AM&q=dana+pensiunbab+2&oq=dana+pensiunbab+2&gs_l=psyab.3...3258.10305..10670...0.0..1.268.3540.0j12j6......0....1..gwswiz.......0i71j35i304i39j0i7i30j0i67j0j0i131j0i13j0i8i30j0i8i13i30j0i13i30.zfa5NF0MO_w (10 November 2018)
Published
2025-07-22