Inovasi Strategi Pemasaran Dalam Persaingan Pasar Oppo Di Kota Pematang Siantar

  • STIE Mars admin
  • Rama Delibel Sinaga
  • Richard Tambunan
Keywords: Inovasi, Strategi, Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi strategi pemasaran dalam persaingan pasar handpone OPPO di Kota Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan Dua Toko OPPO yang ada di Kota Pematangsiantar, yaitu  Toko M One Cellular dan Joy Cellular. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara.

            Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif yaitu suatu metode dalam pengumpulan data penjualan Handphone OPPO Joy Cellular dengan M One Cellular di Pematangsiantar.

            Dari hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan strategi harga antara Toko M One Cellular dengan Toko Joy Cellular. Faktor utama yang dianggap penting adalah mengapa kedua Toko tersebut belum mencapai 100% target penjualan nya.

References

Arikunto, S. 2009, Manajemen penelitian, rineka cipta Jakarta.

Basu Swasta DH. 1998. Manajemen Pemasaran Modern , edisi ke -2, cetakan 2, liberty, Yogyakarta, 1998.

Basu Swastha dan Irawan (2003) konsep pemasaran”. (edisi kedua). Cetakan kesebelas. Yogyakarta : liberty offset .

Boyd, Walker dan Larreche. 2000. Manajemen pemasaran : suatu pendekatan.

Ciptono, Fandi. 1997 . Strategi Pemasaran. Yogyakarta: dani offset.

Ciptono/fandi 1997 Strategi pemasaran. Yogyakarta: dani offsel.

Fandy Tjiptono, 2008, Strategi pemasaran, edisi ketiga, Andi, Yogyakarta.

Kotler Philip ( 2000 ) . Marketing Management, the Millennium Edition,
Prentice hall international, Inc, New Jersey
Kotler Philip, dan Keller, Kevin Lane, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi ketiga belas, jilid dua, Penerbit : Erlangga, Jakarta.

Kollat. D . Blackwell dan D.F. Robeson .1992. strategic marketing. New york Rinehart dan Winston.inc.

Sofyan Assauri,, 2008, Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan ketujuh, Penerbit : Raja Grafindo, Jakarta.

Rogers, Everett M. 1983. D/Jussion of Innovation. Canada: The Free Press of Macmillan Publishing Co.

William j. Stanton 1991. Prinsip- prinsip Pemasaran, jilid 1, Edisi ke-3 Erlangga, Jakarta.
Published
2025-07-22