Analisis Pelayanan Konsumen Terhadap Kepuasan Indomaret Jalan Kartini Pematangsiantar

  • STIE Mars admin
  • Endang Simatupang
  • Rosintan Sipayung
Keywords: Toko, Penelitian, Observasi

Abstract

Perusahaan dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan   menyesuaikan keinginan pelanggan  sehingga perusahaan harus mampu mendeteksi apa yang menjadi kebutuhan pasar atau keinginan konsumen serta membaca dan menterjemahkan setiap perubahan situasi sebagai peluang. Perusahaan tidak akan berkembang tanpa adanya pelanggan. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui analisis pelayanan konsumen terhadap kepuasan Indomaret Jalan Kartini Pematangsiantar.

Berdasarkan hasil uji parsial ( t-hitung ) pengaruh Responsivess dan Assurance terhadap kepuasan pelanggan dimana koefisien regresi Responsivess sebesar 0,128 dan t-hitung sebesar 2,015 dengan signifikansi sebesar 0,045 sedangkan koefisien regresi Assurance sebesar 0,208 dan t-hitung sebesar 2,713 dengan signifikansi sebesar 0,007. Jadi dapat disimpulkan bahwa  Responsivess dan Assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Indomaret jalan Kartini Pematangsiantar, sehingga hipotesis pertama dan kedua terbukti. Maka jika Responsivess dan Assurance baik diharapkan kepuasan pelanggan Indomaret jalan Kartini Pematangsiantar akan meningkat. Berdasarkan hasil uji parsial (t-hitung) pengaruh Reliability, Emphaty dan Tangible terhadap kepuasan pelanggan diperoleh koefisien regresi 0,723 dan t-hitung sebesar 12,787 dengan signifikansi sebesar 0,000. Jadi dapat disimpulkan bahwa Reliability, Emphaty dan Tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Indomaret Jalan Kartini Pematangsiantar, sehingga hipotesis terbukti. Maka Reliability, Emphaty dan Tangible dapat dilaksanakan dengan baik diharapkan akan berdampak positif bagi Indomaret Jalan Kartini Pematangsiantar sehingga dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan yang ada.

References

Agung Utama. 2003. Analisis Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten. “OPSI , Vol 1, No
2, ISSN. 1693-2102

Atmawati, Rustika dan Wahyuddin. 2007. ”Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Hal. 1 – 12. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Bovee, C.L, M.J Houston and J.V. Thill. 1995. Marketing. 2 nd ed. New York: McCraw-Hill,Inc.

Engel JF, 1995, Perilaku Konsumen, Jilid 2,Jakarta: Binarupa Aksara.

Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen.Semarang: BadanPenerbit Universitas Diponegoro.

Ghosh, Avijith. 1992. Retailing Management, The Den Press 2nd Edition.
Newyork: Newyork University.

Ghozali., Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.Edisi
3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griselda, G. dan T, Panjaitan, 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Tehadap Kepuasan Konsumen Restoran Pulau Dua. “ DeReMa Jurnal Manajemen, Vol 2, No 1

Kotler, Philip. 1994. Pemasaran Modern, Edisi 6, jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 1996. Manajemen Pemasaran, Analisa Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian Jillid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Susanto, AB. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium 1. Jakarta: Prenhalindo.

Lupiyoadi, Rambat, 2001.Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat. Moenir, H.A.S, 1998, Manajemen Pelayanan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara. Nazir. 1988. Metologi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Pandin, Marina L., 2009, Potret Bisnis Ritel Di Indonesia : Pasar Modern, http://www.bni.co.id/Portals/0/Document

Parasuraman et al, 199, An Conceptual Models of Sevice Quality And AS Implication For Future Research, vol 49.

Pintel ,G and Diamond , J. 1971. Retailing 5th.ed. New Jersey : Pretice Hall.

Rina Dwiwinarsih. 2009. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Pada Bakmi Aisy Di Depok. “Jurnal Ekonomi Manajemen, October 2009.

Rao, Purba. 1996. “Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis”, The Asian Manager, February-March.

Simamora, Bilson , 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono,Prof .,Dr. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta. Santoso, Singgih. 2001. Statistik Deskriptif. Yogyakarta. ANDI.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: ANDI. Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. 1996. Manajemen Jasa. Yogyakarta : ANDI.

Tjiptono, Fandy. 1997. Prinsip – prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono.Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia
Published
2025-07-22