Analisis Kualitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien Dirumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar

  • STIE Mars admin
  • Titin Evi Herlina Simanjuntak
  • Simon Tarmidi
Keywords: Kepuasan Pasien, Kualitas, Mutu Pelayanan, Rawat Jalan

Abstract

Semakin tinggi tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan, maka fungsi pelayanan kesehatan termasuk pelayanan Rumah Sakit secara bertahap terus ditingkatkan agar menjadi lebih efektif dan efisien, serta memberi kepuasan terhadap pasien, keluarga, maupun masyarakat. Tuntutan pasien dan masyarakat akan peningkatan mutu pelayanan kefarmasian mengharuskan adanya perluasan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi pelayanan kefarmasian. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar.

Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 70 pasien  yang  diperoleh  melalui  random  sampling.  Pengumpulan  data  dilakukan dengan kuesioner harapan pelayanan sebanyak 21 item dan kuesioner pengalaman pelayanan sebanyak 21 item. .

Analisis yang dilakukan adalah univariat menggunakan  Importance Performance Analysis  (IPA).  Hasil  penelitian  ini  menunjukan  bahwa  nilai  rata-rata  tingkat  kepuasan yaitu 91,3 % dimana tingkat kesesuaian dimensi reliability 88,8%, responsiveness 92,2%, assurance  92,7%,  emphaty  93%  dan  tangible  90,1%.  Berdasarkan  analisis  dengan  diagram  kartesius  dimana  dari  21  atribut,  terdapat  5  item  berada  di  kuadran  I,   5  item  di kuadran II, 6 item di kuadran III, dan 5 item di kuadran IV.

Pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan di Rumah Sakit Vita Insani Pematangsiantar, dan penerapan standar pelayanan Rumah Sakit masih dalam kategori kurang. 

Saran yang diberikan adalah  mempertahankan dan meningkatkan kinerja dengan cara melakukan evaluasi secara rutin terhadap pelayanan yang diberikan. 

References

Al-assaf, A. F. (2009). Mutu Pelayanan Kesehatan: Perspektif Internasional. Jakarta: EGC.
Asmita, P. W. (2008). Analisis Pengaruh Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dokter
terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Tesis Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro:
Semarang.
Azwar, A. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar
Harapan.
Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. http://books.google.co.id/books. di akses pada tanggal 22 Januari 2013.
Iswanti, S. D. (2005). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja Tenaga Medis Poliklinik Rawat Jalan RSUD Tugurejo Semarang. Tesis Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro: Semarang.
Kemenkes. 2009. Undang – Undang RI Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. PDF
Koentjoro, T. (2007). Regulasi Kesehatan di Indonesia. (Edisi 1). Yogyakarta:
ANDI.
Kothler, P. (2003). Manajemen Pemasaran Internasional. New Jersey: Prentice
Hall.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta:
Salemba Empat.
Muninjaya, A.A.G. (2004). Manajemen Kesehatan. Edisi II. Jakarta: EGC.
Notoadmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Parasuraman.,Leonard L.B., dan Valarie A.Z. (1985). A Conceptual Model Of Services Quality And Its Implications For Future Research.The Journal Of
MarketingIXL(IV)
Permenkes RI No. 58 Tahun 2014. Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit
Pohan, I. S. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian
dan Penerapan. Jakarta: EGC.
Rundengan, G.E. (2012). Pengaruh Mutu Pelayanan Farmasi Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi RSUD Noongan Sulawesi Utara . Tesis . Universitas Gadjah Mada.Yogyakarta .
Supranto, J. (2006).Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan
Pangsa Pasar. Cetakan III. Jakarta: Renika Cipta.
Utama, S. (2003). Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Referensi Pendukung untuk Mahasiswa, Akademik, Pimpinan,Organisasi dan Praktisi Kesehatan. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatera Utara: Medan.
Published
2025-07-22