Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Koperasi Serba Usaha Simpan Pinjam Surya Mandiri (KSU) Di Kota Pematangsiantar

  • STIE Mars admin
  • Joko Susilo
  • Yomita Bate'e
Keywords: Analisis Strategi Pemasaran, Jumlah Nasabah

Abstract

Koperasi Serba Usaha Simpan Pinjam Surya Mandiri telah berdiri sejak tahun 2011 yang berlokasi di Jln. Tambun Timur Perumahan Bhyangkara Kota Pematangsiantar dengan memiliki jumlah nasabah yang berubah-ubah tiap bulannya. Maka dari itu KSU Surya Mandiri mendapatkan respon positif dari masyarakat dan produk serta jasa yang ditawarkan sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu Strategi pemasaran yang digunakan Koperasi Surya Mandiri dalam meningkatkan jumlah nasabah.

Darihasil penelitian dapat diketahui KSU Surya Mandiri memberikan harga dengan mementingkan peluang masyarakat sekitar agar dapat melakukan penabungan atau peminjaman. Dalam strategi pemasarannya yaitu dengan strategi jemput bola dan memberikan pelayanan yang memuaskan untuk meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah yang ada tidak akan lari. Dan KSU Surya Mandiri menggunakan strategi pemasaran dengan menerapkan bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari 7P, yaitu produk, price, place, promotion, people, physical evidence, proces dan STP ( segmentation, targeting, positioning

References

Arif, 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy Offset
Assauri, 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama Cetakan KeDelapan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Boediono, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Fajar& Kotler, 2001. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu
Fandy, 2000. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Fandy Tjiptono, 2000. Manajemen Pemasaran: Elemen-elemen Strategi Pemasaran. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andy Offset
George Steiner, 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi 5. Jakarta: Pustaka
Kasmir, 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kotler, 2002. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen.Jakarta: Penerbit Erlangga
Pardede, 2004. Likuidasi Bank dan Perlindungan Nasabah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 7/7/PBI/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah.
Porter, 2004. Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan praktik. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria
Stanton, 2002. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. Edisi 1. Jakarta: Prenhalindo
SofjanAssauri, 2013. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Solihin, 2012. Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga
Tjiptono, 2000. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2025-07-22