Analisis Kualitas Pelayanan Go-Jek Terhadap Minat Pelanggan Menggunakan Go-Pay Di Kota Pematangsiantar

  • STIE Mars admin
  • Sembi Naibaho
  • Marta Gultom
Keywords: Kualitas Pelayanan, Minat Pelanggan Menggunakan Go-Pay

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Go-Jek terhadap minat pelanggan menggunakan Go-Pay. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang sering menggunakan aplikasi Go-Jek yang ada di Pematangsiantar, dengan sampel sebanyak 82 responden.

Berdasarkan hasil analisis menggunakan program SPSS versi 22.0 menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat pelanggan dalam menggunakan Go-Pay yang ada di Pematangsiantar. Semakin baik kualitas pelayanan maka pelanggan semakin sering menggunakan aplikasi Go-Jek dengan pembayaran menggunakan Go-Pay dan begitu pula sebaliknya. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis koefisien determinan diperoleh bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap minat pelanggan menggunakan Go-Pay sebesar 53%. Sedangkan sisanya yaitu 47% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Abduracman. 2004. Analisis faktor-faktor yang menimbulkann kecenderungan minat beli konsumen sarung. Jurnal Universitas Kristen Petra Surabaya
Assael, H. 2002. Consumer Behavior and Marketing Action, 6 th Edition. New York University.
Bilson Simamora. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Surabaya: Pustaka Utama
Drs. M. N. Nasution, M. Sc., A.P.U. 2008. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management. Bogor: Ghalia Indonesia.
Davis, F.D. 1989. Perceived usefulness, perceived ease of use and user acceptance of information tecnology. MIS Quarterly. Vol. 13 no 5
Ferdinan. 2002. Metode penelitian manajemen: Pedoman penelitian untuk skripsi, tesis, dan desertasi ilmu manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gaspersz, Vincent. 2008. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gefen. 2004. Customer loyalty in E-Commerce. Journal of the association for information system: vol. 3: iss. 1
Ghazali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program 1BM SPSS23. Semarang: UNDIP.
Greenberg, P. 2010. Customer relationship management as the speed of light: Fourth Edition McGraw-Hill.
Kim, C, Minusmonov, M. & Lee. 2010. An empirical examination of factors influencing the intention to use mobile payment, computers in human behavior, Vol. 26, pp.310-322.
Kotler dan Keller. 2009. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Dalam Buku Manajemen Pemasaran, Analisa Prilaku Konsumen. Yogyakarta: Edisi Pertama, Penerbit BPFE.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Jasa. Jakarta: PT. Indeks.
. 2009. Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media.
. 2012. Prinsip–Prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, C, dan John Wirtz. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Moenir, H.AS. 2015. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara
. 2016. Manajemen Transportasi. Bogor: Ghalia Indonesia
. 2013. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia
. 2004. Reformasi Birokrasi : Peningkatan Mutu Pelayanan Publik. Semarang: Universitas Diponegoro
Parasuraman, Valerie A. Zeithalm, and Leonard L. Berry. 2011. Servqual: a multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing.
Prawirosentono, Suyadi. 2007. Filosofi Baru Tentang Mutu Terpadu. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Priyono. A. 2017. Analisis pengaruh trust dan risk dalam penerimaan teknologi dompet elektronik Go-Pay. Jurnal Siasat Bisnis
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Strategik,Branding Strategy,Customer Satisfaction, Strategi Kompetitif Edisi 2. Yogyakarta: C.V ANDI.
. 2005. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Bantu Media.
. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi.
Sangadji dan Sopiah. 2013. Definisi keputusan pembelian, buku pendekatan praktis. Yogyakarta: Penerbit.
Sheth, J.K & Mittal, Banwari. 2012. Customer behaviour. A manajerial perspective. Amerika: Thomson Learning
Sugiyono.2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.
. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabetha
Vargo & Lunch. 2011. Service, quality & satisfaction dalam Tjiptono. Yogyakarta: Penerbit Andi
https://kbbi.web.id/kualitas
www.gojek.com/vision-mision
Published
2025-07-22