Analisis Akuntabilitas Laporan Keuangan akuntabilitas Laporan Keuangan Sekolah Di Sma Swasta Bina Guna Tanah Jawa Kabupaten Simalungun
Abstract
Akuntabilitas keuangan sekolah adalah sebuah pertanggungjawaban terhadap pemasukan, pengeluaran, dan penggunaan uang sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pihak yayasan sesuai dengan perencanaan dengan yang telah ditetapkan. Yang menjadi objek penelitian penulis adalah SMA Swasta Bina Guna Tanah Jawa yang dimana fungsi utamanya adalah laporan penggunaan keuangan sekolah terhadap yayasan yang diambil dari penerimaan kas yaitu sumbangan Pembinaan Pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akuntabilitas laporan keuangan sekolah yang dilakukan di SMA Swasta Bina Guna Tanah Jawa. Data yang dianalisis adalah laporan penggunaan penerimaan kas. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, teknik pengumpulan data dan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan responden 2 orang.
Berdasarkan analisis penulis, akuntabilitas laporan keuangan sekolah berdasarkan laporan penggunaan penerimaan kas cukup baik dan melaksanakan undang-undang yang mengatur akuntabilitas dalam bentuk akuntabilitas laporan keuangan.
References
Emi Agustina, 2011. “Analisis Akuntabilitas Pengelolaan Dana PNPM Mandiri Studi Kasus pada BKM Bina Sejahtera Kota Malang. Skripsi Fakultas Ekonomi Tidak dipublikasikan, UMM, Malang
Feni, 2014 Pendidikan Keuangan. Andi. Jakarta
Halim, 2014. Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi empat. Jakarta. ELIB UNIKOM
Halim Abdul, 2007. Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah, Salemba Empat, Jakarta
Harahap, Sofyan Syahri. 2009 Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta PT. Raja Grafindo
Husbullah, 2007. Otonomi Pendidikan (Kebijakan Otonomi Daerah dan implikasinya Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan). Jakarta. Raja Grafindo Persada
Ikatan Akuntansi Indonesia, 2012. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta Salemba Empat
Irham Fahmi, 2014. Analisis Laporan Keuangan. Bandung, Alfabeta
Kasmir, 2015. Analisis Laporan Keuangan . Jakarta, PT Raja Grafindo Persada
Krina, 2003. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu dan Audit. Jakarta. Raja Grafindo
Mardiasmo. 2002. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. ANDI, Yogyakarta
Mardiamso. 2004. Akuntansi Sektor Publik. ANDI, Yogyakarta
Mardiamso. 2006. Akuntansi Sektor Publik. ANDI, Yogyakarta
Miles dan Hubermen, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nanang Fattah, 2004. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan dewan Sekolah . Bandung Pustaka Bani Quraisy
Penny Kusumastuti, 2014. Membumikan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik, Jakarta. Salemba Empat
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.
Rahayu, 2013. Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Graha Ilmu. Yogyakarta
Rahmadewi, 2009. “Implementasi Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Sekolah Studi pada SMA Negeri 3 Malang”. Skripsi Fakultas Ekonomi Tidak Dipublikasikan, UMM, Malang
Robbins, 2007. Prilaku Organisasi, Jakarta Salemba Empat
Sedarmayanti, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. Refika Aditama Eresco
Siagian, 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan ketiga belas, Bumi Aksara
Slamet PH , 2005. Konsep Dasar Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara
Sudarmanto, 2011. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Syahruddin,2003. Pengintegerasian sitsem akuntabilitas,Jakarta, Bumi Aksara
Soebagio Atmodiwiro, 2003. Manajemen Pendidikan, Jakarta. Bumi Aksara
Tanjung Hafiz , 2008. Akuntansi Pemerintahan Daerah dan Konsep Aplikasi (Sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan). Alfabeta. Bandung
Ulum. 2004. Akuntansi Sektor Publik. UMM Press, Malang
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 46-48 dan 54
Waluyo, 2007. Perpajakan Indonesia. Jakarta, Salemba Empat
Widodo, 2011 Pengaruh Pengeluaran Sektor Publik. Jakarta, Salemba Empat
Yusuf , 2001. Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta Alfabeta
Copyright (c) 2025 Susi Sri Pidawati Sinaga, Elizabeth Ringo-Ringo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.