Analisis Strategi Pemasaran PT. Executive Tiomaz Trans Dalam Menghadapi Persaingan Jasa Transportasi Di Kota Pematangsiantar
Abstract
Pemasaran jasa merupakan suatu proses kegiatan yang memiliki manfaat lalu ditawarkan atau dijual dan diberikan oleh suatu pihak pada dasarnya adalah bersifat tidak berwujud (intangible). Strategi pemasaran pada dasarnya merupakan rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran dari suatu perusahaan. Objek penelitian penulis adalah PT. Executif Tiomaz Trans yang merupakan sebuah perusahan yang bergerak dibidang jasa transportasi yang mulai beroperasi pada bualan Januari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Executif Tiomaz Trans untuk menghadapi pesaing jasa transportasi di kota Pematangsiantar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, dilakukan pengumpulan data berupa wawancara kepada pihak manajemen PT. Executive Tiomaz Trans dan kepada pelanggan PT. Executive Tiomaz Trans. Pada saat wawancara, peneliti melakukan analisis terhadap jawaban yang diwawancarai. Bila jawaban dirasa kurang memuaskan, maka peneliti akan melanjutkan pertanyaan lagi hingga tahap tertentu, dan diperoleh data yang dianggap kredibel.
Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan, penerapan strategi pemasaran pada PT. Executive Tiomaz Trans Pematangsiantar berjalan baik, berfokus pada strategi harga dan strategi pemasaran terdiri dari strategi produk (berupa produk jasa pelayanan dan pengiriman, menentukan target pasar), strategi harga (mendapatrkan hasil sebanyak-banyaknya dengan modal seminimal mungkin), strategi tempat (memilih kantor dan loket yang strategis dan dapat dijangkau oleh masyarakat dari berbagai penjuru kota) dan strategi promosi (berupa promosi langsung dan tidak langsung, untulk semua kalangan msyarakat, dan promosi berfokus pada media sosial).
References
Aditya dan Andini T Nirmala. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya : Prima Media.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arief, S. Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Basu, Swastha dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi kedua. Cetakan ke-sebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.
Basu, Swastha dan Irawan. 2005. Asas-asas Marketing. Yogyakarta : Liberty.
Bilung, Septinor. 2016. Analisis SWOT dalam menentukan strategi Pemasaran sepda motor hinda pada cv. Semoga jaya di area muara wahau kabupaten kutai timur.
Bogdan, Robert dan Taylor. 2007. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Terjemahan oleh Arief Rurchan. Surabaya : Usaha Nasional.
Christoper, Lovelock. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Indeks Indonesia.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
Durianto. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Echdar. 2013. Manajemen Entrepreneurship: Kiat Sukses Menjadi Wirausaha. Jogyakarta : Penerbit Andi.
Hartono, Hendry. 2012. Pengaruh Strategi Pemsaran Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Perusahaan Dengan Menetapkan Alumni dan Mahasiswa Universitas Bina Nusantara Sebagai Objek Penelitian. Jurnal yang Dipublikasikan. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.
Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan Yogyakarta : Graha Ilmu.
Johnson. 2016. Contextual Teaching & Learning. Bandung: Mizan Learning Center.
Kotler, Philip, Amstrong Gary. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip & Gerry Armstrong. 2014. Principle Of Marketing 15th Edition. New Jersey : Pearson Pretice
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Kesebelas. Jakarta : PT. Indeks Gramedia.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition New York : Pearson Education, Inc.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Amstrong. 2014. Principle Of Marketing. 15th Edition. New Jersey : Pearson Pretice Education, Inc.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, dan Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition. New Jersey : Pearson Pretice Education, Inc.
Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Lovelock & Lauren K Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Indeks, Indonesia.
Lukmandono. 2015. Analisis SWOT Untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing Disektor Industri Kreatif. Seminar Nasional Sains Dan Tekhnologi Terapan III. Surabaya : Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.
Lupiyoadi dan Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi kedua. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Lupiyoadi dan Hamdani. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung : CV. Alfabeta
Miles. 2002. Analisis Data. Jakarta: Gramedia.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mudrajad, Koncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif. Jakarta : Erlangga.
Mullins, John W dan Walker Jr, Orville C. 2013. Marketing Management: A. Strategic Decision-Making Approach. 8th Edition. McGraw-Hill. International Edition
Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan. Pelanggan. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Robinson. 2008. Manajemen Strategi (Formulasi, Implementasi, dan. Pengendalian). Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Sakti, Adisasmita. 2011. Transportasi dan Pengembangan Wilayah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Salim. 2000. Manajemen Transportasi. Cetakan Pertama. Edisi Kedua. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Serat, Acitya. 2017. Dampak Relokasi Pasar Studi Kasus Di Pasar Sampangan Kota Semarang. Jurnal Ilmiah UNTAG. Semarang.
Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS
Suryatama, Erwin. 2014. Lebih Memahami Analisis SWOT Dalam Bisnis. Surabaya : Kata Pena.
Tjiptono, Fandy. 2006. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran. Edisi 2. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Liberty.
Yazid. 2008. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia
Copyright (c) 2025 Fandra Dikhi Januardani, Ifandri Pasaribu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.