Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan Kabupaten Simalungun

  • STIE Mars admin
  • Sihar Napitupulu
  • Sembi Naibaho
Keywords: Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian  antara harapan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan.

            Sejalan dengan masalah dan hipotesis penelitian tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan sampel sebanyak 100 pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling.  Analisis kuantitatif dalam penelitian ini akan digunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji heteroskedastisitas dan uji normalitas.  Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Semua pengujian menggunakan program komputer SPSS 11.5.

            Berdasarkan hasil analisis regresi yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial uji t, semua variabel (Bukti Langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Rawat Inap RSUD Perdaganga.  Hasil tersebut menunjukkan bahwa hiporesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak, pengaruhnya yang paling besar adalah variabel jaminan (4.14) diikuti Daya Tanggap (4.086), Empati (4.05), Bukti Fisik (4.04), dan Keandalan (4.03) terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan. Hasilnya adalah R2 sebesar (0.7) menunjukkan bahwa 70% variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan yaitu Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Sedangkan sisanya yaitu 30% dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini

References

Barker. C, N. Pistrang dan R. Elliot. 2002. Research Methods in Clinical Psychology. Second edition. John Wiley & Sons, LTD Chichester England

Indriyani, Dewi Retno 2010. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien (studi pada puskesmas Gunungjati Semarang). Semarang Universitas Diponegoro. (http://digilib.unnesa.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASHa45b.dir/doc.pdf ) di akses pada 12 Maret 2013

Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran. Edisi Melenium, Jakarta, Prehallindo
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi,dan Pengendalian. Peterjemah Ancella Aniwa, H. Jakarta: Penebit Salemba Empat

Kotler, Amstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid 1, Jakarta, Erlangga

Kotler, Keller, 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1, Jakarta, PT. Indeks

Lupiyoadi, Rambat, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:PT Salemba Empat

Moenir, H. A. S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Galia Indonesia

Rahmayanti, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Graha Ilmu

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring coustemer Satifaction. Bandung: Gaining Customer.

Ratminto dan Winarsih, Atik. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiyono. 2009. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif. Kualitatis, dan R&D). bandung: CV Alfabeta

Sugiyino. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Rand D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua, Andy Offset, Yokyakarta

Tjiptono, Fandy, 2001. Kualitas Jasa : Pengukuran, Keterbatasan Dan Implikasi Manajerial. Majalah Manajemen Usahawan Indonesia, Jakarta

Tjiptono, Fandy, 2002. Manajemen Jasa. Cetakan Kedua, Andy Offset, Yokyakarta

Tjiptono, Fandy, 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy, 2005. Pemasaran Jasa. Cetakan pertama. Malang: Bayu Publishing

Tjiptono, Fandy, 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Ke Dua, Penerbit Andi, Yokyakarta

Yamit, Zulian. 1996 . Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.

Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama,cetakan keempat, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.
http://eprints.undip.ac.id/35664/1/Skripsi_SANTOSO.pdf, diakses tanggal 11 September 2017.
http://www.ruamgwacana.com/2017/03/teknik-pengumpulsn-data.html, diakses tanggal 29 September 2017.
Published
2025-07-22