Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan Kabupaten Simalungun
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian antara harapan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan.
Sejalan dengan masalah dan hipotesis penelitian tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan sampel sebanyak 100 pasien. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini akan digunakan uji validitas dan uji reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Untuk uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Semua pengujian menggunakan program komputer SPSS 11.5.
Berdasarkan hasil analisis regresi yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial uji t, semua variabel (Bukti Langsung, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Rawat Inap RSUD Perdaganga. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hiporesis alternatif (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Disimpulkan bahwa H1 diterima dan Ho ditolak, pengaruhnya yang paling besar adalah variabel jaminan (4.14) diikuti Daya Tanggap (4.086), Empati (4.05), Bukti Fisik (4.04), dan Keandalan (4.03) terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Perdagangan. Hasilnya adalah R2 sebesar (0.7) menunjukkan bahwa 70% variabel kepuasan pasien dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan yaitu Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Sedangkan sisanya yaitu 30% dipengaruhi oleh variabel – variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini
References
Indriyani, Dewi Retno 2010. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas terhadap Kepuasan Pasien (studi pada puskesmas Gunungjati Semarang). Semarang Universitas Diponegoro. (http://digilib.unnesa.ac.id/gsdl/collect/skripsi/archives/HASHa45b.dir/doc.pdf ) di akses pada 12 Maret 2013
Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran. Edisi Melenium, Jakarta, Prehallindo
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Implementasi,dan Pengendalian. Peterjemah Ancella Aniwa, H. Jakarta: Penebit Salemba Empat
Kotler, Amstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Keduabelas, Jilid 1, Jakarta, Erlangga
Kotler, Keller, 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1, Jakarta, PT. Indeks
Lupiyoadi, Rambat, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:PT Salemba Empat
Moenir, H. A. S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, M. Nur. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Galia Indonesia
Rahmayanti, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Graha Ilmu
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring coustemer Satifaction. Bandung: Gaining Customer.
Ratminto dan Winarsih, Atik. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sugiyono. 2009. Metode penelitian bisnis (pendekatan kuantitatif. Kualitatis, dan R&D). bandung: CV Alfabeta
Sugiyino. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Rand D. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2000. Manajemen Jasa. Edisi Kedua, Andy Offset, Yokyakarta
Tjiptono, Fandy, 2001. Kualitas Jasa : Pengukuran, Keterbatasan Dan Implikasi Manajerial. Majalah Manajemen Usahawan Indonesia, Jakarta
Tjiptono, Fandy, 2002. Manajemen Jasa. Cetakan Kedua, Andy Offset, Yokyakarta
Tjiptono, Fandy, 2005. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy, 2005. Pemasaran Jasa. Cetakan pertama. Malang: Bayu Publishing
Tjiptono, Fandy, 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Ke Dua, Penerbit Andi, Yokyakarta
Yamit, Zulian. 1996 . Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Pertama, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.
Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Edisi Pertama,cetakan keempat, Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII Yogyakarta.
http://eprints.undip.ac.id/35664/1/Skripsi_SANTOSO.pdf, diakses tanggal 11 September 2017.
http://www.ruamgwacana.com/2017/03/teknik-pengumpulsn-data.html, diakses tanggal 29 September 2017.
Copyright (c) 2025 Sihar Napitupulu, Sembi Naibaho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.