Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Pakaian Bekas Di Pasar Perdagangan Kabupaten Simalungun
Abstract
Pakaian bekas atau barang impor adalah satu kebutuhan saat ini yang banyak di minati oleh konsumen atau masyarakat Indonesia tak terkecuali pada pasar Perdagangan. Sehingga memberikan kesempatan ataupun peluang para pedagang pakaian bekas di Perdagangan, untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap pakaian bekas.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap pakaian bekas di pasar Perdagangan Kabupaten Simalungun. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner dan observasi langsung ke lapangan. Metode analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, regresi sederhana, uji signifikan simultan (F) dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20.0. Jumlah sampel sebanyak 60 responden dengan rumus Slovin dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode accidental sampling, yaitu responden yang bertemu kebutulan dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok.
Hasil pengujian yang dilakukan berdasarkan uji validitas, uji reliabitas, regresi sederhana, dan uji signifikan simultan (F) menunjukkan bahwa kualitas produk, harga, promosi, dan kesadaran mereknya mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli pakaian bekas. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinan, diperoleh bahwa minat beli dipengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi sebesar 83,6% dan sisanya sebesar 16,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel diluar penelitian ini.
References
Dirlanudin. 2008. Paradigma Baru Pengembangan Usaha Kecil. Jurnal Ilmiah Niagara 1, no. 2 2008: 47-67.
Durianto. dkk. 2003. Brand Equity Ten: “Strategi Memimpin Pasar”. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
.2004. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Fata, Zayinul. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Batik (Studi Kasus di Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah). Tesis Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Ferdinand. 2002. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Jonathan, S. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Juliandi, Azuar. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu- Ilmu Bisnis. Medan: M2000.
Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, P., Amstrong. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P., Keller. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
.2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
.2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. 2007. Manajemen Pemasaran: Jakarta: PT. Indeks.
Mankiw, Gregory N. 2007. Makro Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Paul, Peter J., Jerry, Olson C. 2000. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Priyatno, D. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Schiffman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prentice Hall.
Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Simamora, B. 2003. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sukirno, Sadono. 2000. Makro Ekonomi Modern. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
_________.2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
.2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta
Swastha, B., Irawan. 2001. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Copyright (c) 2025 Arfika Indah Sari, Jesika Melina Simamora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.