Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Mitsubishi Xpander Pada UD. Siantar Berlian Motor Pematangsiantar
Abstract
Keputusan pembelian merupakan proses pengintegrasian pengetahuan untuk menyeleksi dan mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif sehingga menghasilkan suatu pilihan sebagai keinginan untuk memilih salah satu alternatif pilihan yang ada atau menghasilkan keputusan untuk membeli atau tidak membeli serta memutuskan merek mana yang akan dibeli. Objek penelitian penulis adalah UD. Siantar Berlian Motor Pematangsiantar yang merupakan dealer resmi penjualan kendaraan Mitsubishi di Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Gereja No.35 di kota pematangsiantar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari variabel harga, desain, spesifikasi dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Mitsubishi Xpander di UD. Siantar Berlian Motor Pematangsiantar. Data yang dianalisis merupakan kuesioner yang disebar kepada konsumen yang telah membeli produk Mitsubishi Xpander di UD. Siantar Berlian Motor Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda yang diolah menggunakan program komputer SPSS versi 21.
Hasil penelitian yang telah penulis lakukan, persamaan regresi linier berganda diperoleh Y = -2,934 + 0,321 X1 + 0,140 X2 + 0,048 X3 + 0,532 X4. Hasil uji parsial variabel harga diperoleh thitung sebesar 2,141 > ttabel 1,997 dengan taraf signifikan 0,036 < α 0,05, sehingga disimpulkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan. Hasil uji parsial variabel desain diperoleh thitung sebesar 0,946 < ttabel 1,997 dengan taraf signifikan 0,348 > α 0,05, sehingga disimpulkan bahwa variabel desain tidak berpengaruh positif dan signifikan. Hasil uji parsial variabel spesifikasi diperoleh thitung sebesar 0,429 < ttabel 1,997 dengan taraf signifikan 0,670 > α 0,05, sehingga disimpulkan bahwa variabel spesifikasi tidak berpengaruh positif dan signifikan. Hasil uji parsial variabel citra merek diperoleh thitung sebesar 2,853 > ttabel 1,997 dengan taraf signifikan 0,006 < α 0,05, sehingga disimpulkan bahwa variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan.
References
Amstrong, Gery dan Philip Kotler. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Amstrong, Gery dan Philip Kotler. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Edisi Kelima. Jakarta: Intemedia.
Angipora, M.P. 2002. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Raja Grafindo.
Balawera, Asrianto. 2013. Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organic di Freshmart Kota Manado. Jurnal yang dipublikasikan. Manado: FEB Universitas Sam Ratulangi Manado.
Cooper dan Schindler. 2014. Bussiners Research Method. New York: McGraw Hill.
Engel, F. James dan Roger D. Blackwell. 2004. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.
Fandy, Tjiptono. 2001. Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Fandy, Tjiptono. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hair, Jr et.al. 2010. Multivariate Data Analysis. Edisi Ketujuh. United States: Pearson.
Ibiyanto, Haryadi. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merek Yamaha Mio (Studi Kasus Di PT. Alfa Scrop II Medan). Skripsi Yang dipublikasikan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Ibnu, Syamsi. 2000. Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.
James A.F. Stoner. 2002. Management. New York: Prentice/Hall Internationel, Inc.
Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Knapp, E Duane. 2002. The Brand Mindset.Yogyakarta: Penerbit Andi.
Komarudin. 2001. Ensiklopedia Manajemen. Edisi IX. Jakarta: Bumi Aksara.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedua belas. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ketiga belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Prinsip-prinsip Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip. 2006. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisis Kesebelas. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Penerbit Erlangga
Copyright (c) 2025 Rosintan Sipayung, Sukinar Susito Sianturi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.