Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pelanggan Pada Kafe Publik Kopi Kota Pematangsiantar
Abstract
Fokus dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan di Kafe Publik Kopi Kota Pematangsiantar, (2) untuk mengetahui strategi yang paling efektif dilakukan Kafe Publik Kopi Kota Pematangsiantar dalam meningkatkan hasil penjualan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari Pemilik dan pegawai Kafe Publik Kopi Kota Pematangsiantar. Data sekunder yang digunakan berupa buku-buku referensi yang telah ada. Metode pengumpulan data adalah wawancara.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka penulis ingin mengetahui lebih lanjut sebagaimana strategi pemasaran yang dilakukan dalam meningkatkan jumlah pelanggan dan memajukan usaha khususnya Kafe Publik Kopi Kota Pematangsiantar.
Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan adalah memilih strategi produk, strategi harga, dan strategi promosi; (2) strategi pemasaran Kafe Publik Kopi Kota Pematangsiantar mengalami peningkatan penjualan yang mempengaruhi peningkatan jumlah pelanggan di Tahun 2019 pada Bulan Juni sampai dengan Desember. Hal ini telah membuktikan bahwa strategi pemasaran tepat dan baik sehingga mampu bersaing di tengah-tengah persaingan bisnis Kafe yang semakin marak di Kota Pematangsiantar dengan berorientasi pada strategi produk, strategi harga dan strategi promosi.
Sebaiknya dengan hasil analisa yang dikemukakan maka diharapkan perusahaan lebih dapat meningkatkan jumlah pelanggan pada Kafe Publik Kopi Kota Pematangsiantar.
References
Haris Fadhillah, M., Solihin, S. A., & Nugrahyani, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran pada Kerta Cafe dalam Upaya Memulihkan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 259–266.
Jannah, M., & Febriana, P. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Crackingchambers Coffee Shop. Public Relations Jorunal, 01(02), [1] Lie, E. M. Christian, and L. S. Wijaya, “Anali.
Lie, Christian, E. M., & Wijaya, L. S. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran. Public Relations Jorunal, 01(02), [1] Lie, E. M. Christian, and L. S. Wijaya, “Anali.
Ridwan, M., & Hanafiah, H. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Kedai Kopi Om Bewok. Business, Entrepreneuship and Finance, 1(3), 274–283.
Copyright (c) 2025 Jesika Melina Simamora, Yuraman Halawa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.