Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ayam Penyet Cindelaras Pematangsiantar
Abstract
Rumah makan adalah suatu tempat atau bangunan untuk suatu usaha makanan yang diorganisir secara komersil yang memiliki tujuan untuk mencari keuntungan tetapi kepuasan pelanggan menjadi tujuan utamanya. Pada jaman sekarang dapat dilihat bahwa perkembangan kuliner sudah sangat pesat, seperti pada daerah di kota-kota memiliki banyak daerah yang strategis untuk dijadikan rumah makan restoran. Agar dapat bersaing, syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Sehingga teknik yang tepat dalam pemenuhan target dalam menciptakan dan mempertahankan pelanggan yakni pengendalian kualitas produk dan kualitas pelayanan yang baik.
Penelitian ini mengenai Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan pada Ayam Penyet Cindelaras Pematangsiantar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner dan observasi langsung ke lapangan. Metode analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, regresi sederhana, uji signifikan simultan (F) dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS versi 20.0. Jumlah sampel sebanyak 92 responden dengan rumus Slovin dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode accidental sampling, yaitu responden yang bertemu kebutulan dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok.
Hasil pengujian yang dilakukan berdasarkan uji validitas, uji reliabitas, regresi sederhana, dan uji signifikan simultan (F) menunjukkan bahwa bahwa variabel bebas memiliki indikator yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan kemudahaan mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikatnya yaitu kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinan, diperoleh bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi kualitas produk sebesar 52,7% dan sisanya sebesar 47,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel diluar penelitian ini
References
Cooper, Donald R., dan Schindler, Pamela S. 2014. Metode Riset Bisnis. Jakarta: Media Global Edukasi.
Gerson, Richard F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PPM.
Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Greenberg, J., Baron, R. A. 2010. Behavior in Organizations: Understanding and Managing the Human Side of Work. New Jersey: Pearson Education International.
Gujarati, D. N. 2012. Dasar-dasar Ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.
Hariwijaya, M., Triton P, B. 2008. Pedoman Penulisan Ilmiah Proposal dan Skripsi. Yogyakarta : Oryza.
Hasan, A. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: (Center For Academic Publishing Service).
Irawan, H. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2006. Semarang: CV. Widya Karya.
Kerlinger. 2006. Asas–Asas Penelitian Behaviour. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kotler , P. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Prenhallindo.
. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehallindo.
Kotler, P., Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., dkk. 2003. Manajemsssen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.
Kotler, P., Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Laksana, F. 2008. Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Lovelock, C., dkk. 2005. Service Marketing in Asia. Singapore: Pearson Prentice Hall.
Lupiyoadi, R.. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nasution, M. N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: PT Ghalia Indonesia.
Priyatno, D. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.
Retnoningsih., Suharno. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: CV. Widya Karya.
Royan, F, M. 2004. Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Sangadji, E. M ., Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi
Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Setiawati. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Per Share (DPS) pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Periode 2006-2010). Skripsi pada Jurusan Manajemen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar.
Singgih, S. 2000. Latihan SPSS Statistik Parametik. Jakarta: Gramedia.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
Tjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Banyumedia Publishing.
Tjiptono, F. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., Gregorius, C. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., Gregorius, C. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi.
Umar, H. 2003. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.
Walker, R, J. 2010 Introduction to Hospitality Management Pearson Education. New Jersey.
Yusripa. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited di Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Zeithaml, V, A., dkk. 2010. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm 6th ed. Mc.Graw-Hsill. Boston.
Copyright (c) 2025 Ranto Fernando Manalu, Sembi Naibaho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.