Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Dalinta Jumpa Pematangsiantar

  • STIE Mars admin
  • Simon Tarmidi
  • Kiki Yana Purba
Keywords: Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, Konsumen, Restoran.

Abstract

Pelayanan yang diberikan kepada konsumen merupakan faktor penting dalam suatu bisnis (usaha). Harapan dari konsumen setiap saat selalu berubah, sehingga kualitas pelayanan yang diberikan juga harus disesuaikan dengan perubahan harapan tersebut. Mengingat betapa pentingnya peran kualitas pelayanan bagi kehidupan suatu organisasi atau perusahaan untuk berupaya meningkatkan potensi yang dimiliki, agar kualitas dan kuantitas pelayanan tersebut dapat bersaing atau setidaknya mampu mengimbangi laju persaingan di dunia usaha.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Dalinta Jumpa dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Restoran Dalinta Jumpa. Penelitian ini menggunakan metode regresi linier sederhana dan uji hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t) yang diolah menggunakan program komputer SPSS versi 21.

Hasil penelitian yang telah penulis lakukan, diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu Y = 16,151 + 0,172X + e, dengan kesimpulan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan konsumen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t) diperoleh nilai t hitung sebesar 3,523 > 1,999 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Hasil uji koefisien korelasi diperoleh nilai korelasi sebesar 0,411, yang artinya terdapat hubungan yang sedang antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada Restoran Dalinta Jumpa.

References

American Society for Quality Control. 2019. Quality Management and Quality Assurance Standards. Milwaukee : ASQC.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Daradjat, Zakiah. 2012. Fasilitas Transportasi Konsumen. Bandung : Alfabeta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS
1. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi Kedelapan. Cetakan Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, Sri. 2012. Aspek Hukum Perlindungan Konsumen. Yogyakarta : Rihama.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik; Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Ismail, Taupik dan Yusuf, Ramayani. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kantor Indihome Gegerkalong di Kota Bandung. Jurnal. Politeknik Piksi Ganesha Bandung.
Kasmir. 2017. Customer Service Excellent; Teori dan Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip dan Amstrong. 2016. Principles of marketing. Jakarta : Indeks.
Kotler, Philip dan Keller, Kelvin. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid Satu dan Tiga. Jakarta : Rajawali.
Kristiyanti, Celina Tri Siwi. 2012. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta : Sinar Grafika.
Priyatno, Duwi. 2016. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS.
Yogyakarta : Gava Media.
Sangadji dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen; Pendekatan Pratis. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Subroto, Edi. 2011. Pengantar Studi Semantik dan Pragmatik. Surakarta : Cakrawala Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarweni, V Wiratma. 2014. Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sujarweni, V Wiratma. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Cetakan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Sulistyawati, Ni Made Arie dan Seminari, Ni Ketut. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Indus Ubud Gianyar. Jurnal. Universitas Udayana.
Swastha, Basu. 2012. Manajemen Penjualan. Yogyakarta : BPFE.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta : Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Umar, Husain. 2015. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : Gramedia Pustaka.
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Wulansari, Retno. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Indomaret Cabang Pondok Ranji. Jurnal. Universitas Pamulang.
Published
2025-07-23