Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Ud. Kopi Lapang Pakpak Bharat Di Era Pandemi Covid-19

  • STIE Mars admin
  • Lambok Mangihuttua Effendy Sinaga
  • Nanda Handika Purba
Keywords: Strategi, Pemasaran, Tingkat Penjualan.

Abstract

Strategi pemasaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan, strategi pemasaran sebagai petunjuk dan kebijakan yang digunakan secara efektif untuk mencocokkan program pemasaran (produk, harga, promosi dan distribusi) dengan peluang pasar demi mencapai sasaran usaha. Yang menjadi objek penelitian penulis adalah UD. Kopi Lapang. UD. Kopi Lapang merupakan salah satu usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan dalam meningkatkan jumlah penjualan pada produk UD.Kopi Lapang  di era pandemi covid19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi dan studi kepustakaan. 

Berdasarkan hasil analisis penulis, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk pada UD. Kopi Lapang di era pandemi covid-19 yaitu strategi pemasaran (marketing mix) yang meliputi: 1) strategi produk, 2) strategi harga, 3) strategi lokasi, dan 4) strategi promosi.

 

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Assauri. 2017. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi). Jakarta: PT. Rajafrigo.
Artika, Tia. 2018. Pengaruh strategi pemasaran kualitas pelayanan dan nilai nasabah terhadapa kepuasan nasabah pada PT. Bank capital indonenesia cabang wisma kodel. Jakarta. Penerbit Alumni.
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Bilung, S. (2016). Analisis SWOT dalam menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Pada CV. Semoga Jaya Di Area Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. E-Journal Adminsitrasi Bisnis.
David dan Rangkuti, F. (2014). Manajemen Strategi, Edisi Sepuluh. Jakarta. Salemba Empat.
Hartono, Hendry,dkk 2012. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Universitas Bina Nusantara sebagai Objek Penelitian. Jakarta Barat.
Harman, Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung. Alfabeta.
Johnson, G. dan Scholes, K. (2016). Exploring Corporate Strategy-Text and Cases. Hemel Hempstead: Prentice-Hall.
Jogiyanto. 2015. Analisis SWOT dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Kotler dan amstrong. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Laksana. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1.
Khalifah Mediatama. Depok.
Lilis, Puspitawati, Sri Dewi. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Graha Ilmu.
Limakrisna, H. dan Togi Parulian Purba. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
L. M. Samryn, 2014. Pengantar Akuntansi. Edisi IFRS. Jakarta: Rajawali Pers.
Moleong. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Rangkuti, Freddy. 2013. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. Gramedia.
Ranggkuti, Freddy. 2013. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rusmawati, DJ. 2017. Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.
Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi.
Suryatama, Erwin 2014. Analisis Swot dalam Bisnis. Surabaya: Kata Pena.
Swastha, Basu. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta: Buchari Alma
Swasta, Basu.2017. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : Liberty.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sunyoto. 2013. Dasar-dasar manajemen pemasaran (konsep strategi dan kasus). Yogyakarta: CEPS.
Stanton, William J. 2017. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Tjiptono dan Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta. Andi.
Tjiptono dan Candra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Published
2025-07-23