Analisis Segmentasi Dan Target Pasar Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Kopi Saabas Simalungun

  • STIE Mars admin
  • Sembi Naibaho
  • Wiwin Anjelini Mungkur
Keywords: Segmentasi Pasar, Target Pasar dan Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah segmentasi dan target pasar berpengaruh terhadap peningkatan penjualan pada Kopi Saabas Simalungun. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menyebar kuesioner kepada konsumen Kopi Saabas Simalungun sebagai responden. Jumlah sampel sebanyak 80 orang dengan teknik pengambilan data menggunakan metode accidental sampling. Pengujian kualitas data dilakukan dengan uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linear berganda, uji t (parsial), uji F (simultan) dan koefisien determinasi dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel segmentasi pasar dengan indikator : geografis, demografis, psikografis, dan tingkah laku berpengaruh secara postif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan, begitu pula dengan variabel target pasar dengan variabel : pemasaran tidak diferensiasi (undifferentiated marketing), pemasaran diferensiasi (differentiated marketing) dan pemasaran terkonsentrasi (concentrated marketing) juga perpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Dengan demikian kegiatan Segmentasi dan Target Pasar mempengaruhi peningkatan penjualan pada Kopi Saabas Simalungun sebesar 52,1 %. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Alma, Buchari & Priansa, Donni Junni, 2016. Manajemen Bisnis Syariah. Bandung: Alfabeta.
Aprizal, Hendry, 2012. Analisis Efektivitas Segmentasi Pasar Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada PT. Semen Tonasa di Pangkep. Makasar : Universitas Hasanuddin. Assauri, Softjan, 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Assauri, Softjan, 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hendro, 2011. Dasar-Dasar Kewirausahaan Panduan Bagi Mahasiswa Untuk Mengenal, Memahami dan Memasuki Dunia Bisnis. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler & Amstrong, 2017. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Erlangga.
Kotler & Keller, 2017. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Macaman Jaya Cemerlang.
Kotler, Philip, 2015. Manajemen Pemasaran Moderen. Yogyakarta: Liberty.
Priansa, Donny Juni, 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis ontemporer. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kulitatif dan Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kulitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy, 2011. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Abdi Offset.
Tjiptono, Fandy, 2014. Pemasaran Jasa-Jasa Prinsip Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Widjaya & Gunawan, P., 2017. Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix Pada PT. Murni Jaya. AGORA, Volume 5, pp. 1 -8.
Wijaya, Hari & Sirine, Hani, 2016. Strategi Segmenting, Targeting, Positioning, serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Enterpreneurship, Volume Vol. 01, No. 03.
Winardi, 2011. Ilmu dan Seni Menjual. Bandung:
Nova. Yuliana, 2015. Peranan Penembangan Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus di Miulan Hijab). Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo.
Published
2025-07-23