Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Matic Merek Honda Di PT. Sukses Motor Globalindo Pematangsiantar

  • STIE Mars admin
  • Yusmalinda
  • Juniaro Hulu
  • Depolta Zalukhu

Abstrak

 

Dengan menciptakan bauran pemasaran yang sesuai dengan keinginan masyarakat, maka perusahaan dapat dengan mudah mengambil hati para masyarakat (konsumen) sehingga terjadi hubungan yang dinamis antara konsumen dan produsen atau dengan kata lain adanya loyalitas konsumen untuk terus menggunakan produk tersebut. 

Tujuan penelitian ini yaitu : 1. Untuk mengetahui pengaruh variabel produk (product), harga (price),  promosi (promotion), tempat (place), orang (people), bukti fisik (physical evidence), dan variabel proses (process) terhadap variabel loyalitas konsumen sepeda motor matic merek Honda di PT. Sukses Motor Globalindo Pematangsiantar. 2. Untuk mengetahui bauran pemasaran yang tepat dalam meningkatkan loyalitas konsumen sepeda motor matic merek Honda di PT. Sukses Motor Globalindo Pematangsiantar.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, uji instrument penelitian, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi dan determinasi serta pengujian hipotesis. Analisis dilakukan dengan menggunakan program IBM SPSS Statistic Versi 21.

Hasil pengujian regresi linier berganda diperoleh Ŷ = 0,380 - 0,506 X1 - 0,305 X2 + 0,349 X3 + 0,739 X4 + 1,519 X5 + 0,096 X6 + 0,070 X7. Dari persamaan regresi tersebut terlihat bahwa variabel produk (product) dan variabel harga (price) berpengaruh negatif terhadap variabel loyalitas konsumen, sedangkan variabel promosi (promotion), tempat (place), orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan variabel proses (process) berpengaruh positif terhadap variabel  loyalitas konsumen sepeda motor matic merek Honda di PT. Sukses Motor Globalindo Pematangsiantar. Pada pengujian parsial, variabel produk (product) tidak berpengaruh dan signifikan. Variabel bukti fisik (physical evidence), harga (price) dan variabel proses (process) tidak berpengaruh dan tidak signifikan. Sedangkan variabel promosi (promotion), tempat (place) dan variabel orang (people) berpengaruh dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sepeda motor matic merek Honda di PT. Sukses Motor Globalindo Pematangsiantar.

Referensi

Adam, Muhamad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Assauri, Sofjan. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Basu, Swastha. 2012. Manajemen Penjualan. Yogyakarta : BPFE.
Cooper dan Schindler. 2014. Bussiners Research Method. New York : Mc Graw Hill.
Fadila, Dewi dan Ridho, Sari Lestari Zainal. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang : Citrabooks Indonesia.
Fatihudin, Didin dan Firmansyah, Anang. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta : Deepublish.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin. 2013. Perilaku Organisasi Manajemen. Jakarta : Salemba Empat.
Herawati, Nunuk dan Qomariyah, Nur. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pelanggan Sepeda Motor Matic
Honda di Surakarta). E-Jurnal Manajemen STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta. Vol. 4. No. 1.
Hurriyati, Ratih. 2014. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : Alfabeta.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Keempat. Bandung : Alfabeta.
Ishaq. 2014. Pengantar Hukum Indonesia. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kasmir dan Jakfar. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Cetakan Kedelapan. Edisi Revisi. Jakarta : Kencana.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2012. Principles of Marketing. New Jersey : Prentice.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2013. Marketing Management. United Kingdom : Pearson Education Limited.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2014. Principles of Marketing. 17th Edition. United Kingdom : Pearson Education Limited.
Limakrisna, Nanda dan Julius, Yudi. 2016. Manajemen Pemasaran, Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta : Deepublish.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.
Marrus, Stephanie K. 2012. Strategic Management In Action. Jakarta : Gramedia.
Oliver, Richard L. 2014. Satisfaction : A Behavioral Perspective on the Consumer. Second Edition. New york : Routledge.
Payne, Adrian. 2014. Pemasaran Jasa; The Essence of Service Marketing. Yogyakarta : Andi Offset.
Reynaldi, Gede Hadi dan Suprapti, Ni Wayan Sri. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Merek Honda di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 6. No. 1.
Stanton, William J. 2013. Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Oleh Buchari Alma. Jilid Satu. Edisi Kesepuluh. Jakarta : Erlangga.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta : Andi Offset.
Sugiyono. 2015. 2016. 2017. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulistyowati, Murni dan Herawati, Nunuk. 2020. Peranan Marketing Mix Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Yamaha di Surakarta. E-Jurnal Manajemen STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta. Vo. 7. No.1.
Diterbitkan
2025-07-23