https://ojs.stiemars.ac.id/index.php/fras/issue/feedJurnal Akuntansi dan Manajemen2025-07-26T09:40:06+00:00Andriyani Lubisandriyanilubis11@gmail.comOpen Journal Systems<p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Frascati </span></span>dalah sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang Ilmu Ekonomi namun tak terbatas secara implisit. Semua publikasi di Jurnal Prascati bersifat akses terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlanggananan apapun.</p>https://ojs.stiemars.ac.id/index.php/fras/article/view/81Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan Aplikasi E-Wallet Pospay Di Kantor Pos Pematangsiantar 2025-07-26T09:40:06+00:00STIE Mars adminadmin@jurnal.stiemars.ac.id<p>Dengan adanya kemajuan teknologi dan strategi dalam bersaing di dunia bisnis PT. Pos Indonesia (Persero) meluncurkan aplikasi digital payment berupa <em>electronic wallet Pospay</em>. <em>E-Wallet Pospay</em> adalah salah satu produk jasa keuangan yang ada di PT Pos yang melayani pembayaran tagihan apa saja. Dengan menggunakan pelayanan <em>Pospay</em> masyarakat tidak perlu lagi repot untuk membayar beberapa tagihan di tempat yang berbeda. <em>Pospay</em> sudah menggunakan <em>system online</em> atau SOPP <em>(System Online Payment Point)</em> yang memudahkan masyarakat dalam pembayaran tanpa harus ke pos.</p> <p>Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode metode kuantitatif yang artinya sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotetsis yang telah ditetapkan.</p> <p>Hasil pengujian yang dilakukan berdasarkan analisis koefisien determinasi 86,5% variabel dependen (keputusan penggunaan) dapat dijelaskan oleh variabel independen kualitas pelayanan sebesar 32,8%, promosi sebesar 25,1%, citra merek sebesar 10,9%, word of mouth sebesar 8,9% dan kualitas produk sebesar 8,8%%, sedangkan sisanya 13,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p>2025-07-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jesika Melina Simamorahttps://ojs.stiemars.ac.id/index.php/fras/article/view/80Analisas Strategi Perusahaan “ Relasi Coffee” Jl. Corner Simanjuntak No.24. Kelurahan Martimbang Pematang Siantar2025-07-26T09:40:06+00:00STIE Mars adminadmin@jurnal.stiemars.ac.idFandra Dikhi jfandradjanuardani@yahoo.comSeri Herlinafandradjanuardani@yahoo.comDeo Petro Sitinjakfandradjanuardani@yahoo.com<p>Cafe Resto is a dining place that offers a unique culinary experience with a combination of a comfortable atmosphere and a varied menu. one of which is coffee relations which is located on Jl. Cornel Simanjuntak No.24, Martimbang, Kec. South Siantar., Pematang Siantar City, North Sumatra, this cafe serves a variety of dishes, from breakfast, lunch, to dinner, with a focus on local and high quality ingredients. The modern and warm interior design, combined with friendly service, creates a pleasant atmosphere for visitors. Apart from that, the coffee shop also provides a selection of special drinks, including coffee and tea prepared by experienced baristas. With a relaxed atmosphere and an interesting menu, Relation Coffee also provides live music every day performed by local and well- known artists with the aim of entertaining all guests who visit the cafe and becoming the main destination for food and drink connoisseurs.</p>2025-07-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Fandra Dikhi j, Seri Herlina, Deo Petro Sitinjakhttps://ojs.stiemars.ac.id/index.php/fras/article/view/79Analisi Strategi Bisnis Dan Pengemabangan Teknologi PT.Telekomunikasi Indonesia Tbk (TELKOM)2025-07-26T09:40:06+00:00STIE Mars adminadmin@jurnal.stiemars.ac.idHaposan Laiarichardtambunan67@gmail.comNilam Cahya Khairanirichardtambunan67@gmail.comRichard Tambunanrichardtambunan67@gmail.com<p>Telekomunikasi Indonesia, Tbk adalah salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Dalam menjalankan proses bisnis perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. menggunakan teknologi informasi. Proses bisnis yang meliputi semua area proses bisnis untuk sepenuhnya memanfaatkan teknologi informasi. Dalam sebuah penelitian tugas akhir ini dilakukan analisis strategi bisnis dan pengembangan teknologi informasi pada proses bisnis yang dijalankan. Analisis akan dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat persentase teknologi informasi yang telah diterapkan untuk mendukung proses bisnis. Hasil analisis tersebut akan digunakan untuk pengembangan teknologi informasi pada proses bisnis yang dilaksanakan. Hasil analisis juga dapat digunakan untuk evaluasi teknologi informasi untuk proses bisnis.</p>2025-07-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Haposan Laia, Nilam Cahya Khairani, Richard Tambunanhttps://ojs.stiemars.ac.id/index.php/fras/article/view/78Pengaruh Nilai Tukar Rupiah Dan Inflasi Terhadap Volume Ekspor Indonesia2025-07-26T09:40:06+00:00STIE Mars adminadmin@jurnal.stiemars.ac.idTiara Sintiya Ambaritarosintansipayung3@gmail.comRizky Febrikarosintansipayung3@gmail.comRosintan Sipayungrosintansipayung3@gmail.com<p> Setiap negara tidak lepas dari kegiatan ekspor impor karena tidak ada satupun Negara yang mampu mencukupi kebutuhan negaranya sendiri. Perdagangan internasional melalui ekspor impor merupakan kegiatan yang dijalankan eksportir maupun produsen eksportir dalam transaksi jual beli suatu komoditi dengan orang asing, bangsa asing, dan negara asing. Kemudian penjual dan pembeli yang lazim disebut eksportir dan importir melakukan pembayaran dengan valuta asing. Pertumbuhan ekspor ini dipengaruhi oleh nilai tukar dan jumlah uang beredar. Berdasarkan penelitian ini ternyata Nilai Tukar berpengaruh positif namun signifikan terhadap Ekspor. Variabel kedua yaitu Inflasi, setelah diuji inflasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Ekspor. Hal ini disebabkan karena inflasi akan mendorong pelemahan daya saing dan akhirnya menyebabkan penurunan ekspor.</p>2025-07-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Tiara Sintiya Ambarita, Rizky Febrika, Rosintan Sipayunghttps://ojs.stiemars.ac.id/index.php/fras/article/view/77Laporan Analisis Strategi Perusahaan PT.Sumatera Tobacco Trading Company (STTC) Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara Indonesia2025-07-26T09:40:06+00:00STIE Mars adminadmin@jurnal.stiemars.ac.idYusmalindadosenmars@gmail.comAmin Nurasyiddosenmars@gmail.comAriani Saputridosenmars@gmail.com<p>Laporan ini membahas analisis strategis yang dilakukan terhadap PT. Sumatra Tobacco Trading Company (STTC) di Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Tujuan laporan ini adalah untuk mengevaluasi strategi perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Metode analisis yang digunakan mencakup evaluasi internal dan eksternal perusahaan serta rekomendasi untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan di pasar tembakau yang kompetitif.</p>2025-07-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Yusmalinda, Amin Nurasyid, Ariani Saputrihttps://ojs.stiemars.ac.id/index.php/fras/article/view/76Analisis Daya Saing Kopi Di Pasar Internasional2025-07-26T09:40:06+00:00STIE Mars adminadmin@jurnal.stiemars.ac.idClaudia Lasefandradjanuardani@yahoo.comMaya Mustikafandradjanuardani@yahoo.comWisnu Wardanafandradjanuardani@yahoo.comFandra Dikhi Januardanifandradjanuardani@yahoo.com<p>Salah satu penyumbang sumber devisa terbesar di Indonesia adalah sub sector perkebunan.<br>Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ke empat di dunia. Tujuan penelitian ini<br>adalah untuk menganalisis daya saing kopi Indonesia di pasar internasional. Objek yang<br>diteliti adalah kopi dengan kode HS090111. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan<br>metode yang digunakan yakni Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Export<br>Competitiveness Index (ECI) untuk menganalisis daya saing kopi Indonesia di pasar<br>internasional. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari website TIC<br>Trademap hasil dari analisis RCA menunjukkan keunggulan komparatif Indonesia sebagai<br>produsen dibandingkan dengan negara lainnya dalam pasar internasional</p>2025-07-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Claudia Lase, Maya Mustika, Wisnu Wardana, Fandra Dikhi Januardani