Analisis Daya Saing Kopi Di Pasar Internasional

  • STIE Mars admin
  • Claudia Lase
  • Maya Mustika
  • Wisnu Wardana
  • Fandra Dikhi Januardani

Abstrak

Salah satu penyumbang sumber devisa terbesar di Indonesia adalah sub sector perkebunan.
Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ke empat di dunia. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menganalisis daya saing kopi Indonesia di pasar internasional. Objek yang
diteliti adalah kopi dengan kode HS090111. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan
metode yang digunakan yakni Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Export
Competitiveness Index (ECI) untuk menganalisis daya saing kopi Indonesia di pasar
internasional. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari website TIC
Trademap hasil dari analisis RCA menunjukkan keunggulan komparatif Indonesia sebagai
produsen dibandingkan dengan negara lainnya dalam pasar internasional

Referensi

Aji, Lintang Guntoro (2023) ANALISIS
DAYA SAING KOPI INDONESIA DI
PASAR INTERNASIONAL. Diploma
thesis, Politeknik Negeri Lampung.
Aji V Rizki, Ishak, Z., Mukhlis. 2017.
Analisis Komparatif Daya Saing
Ekspor Biji Kakao Antara Indonesia,
Pantai Gading dan Ghana: Pendekatan
RCA dan CMS. Jurnal Ekonomi
Pembangunan. Volume 15.
Ariesha, Y. 2017. Analisis Komparasi
Daya Saing Ekspor Lada Indonesia
Terhadap Vietnam dan Malaysia di
Pasar Asean. Fakultas Pertanian.
Universitas Jambi. Skripsi.
Rakasiwi, Deska Pandi. 2024. Analisis
Daya Saing Kertas Indonesia di Pasar
Internasional. Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi MARS. Pematangsiantar.
Hasibuan, M.A., Nurmalina, R.,
Wahyudi A. 2012. Analsisi Kinerja
dan Daya Saing Perdagangan Biji
Kaka dan Produk Kakao Olahan
Indonesia di Pasar Internasional.
Buletin RISTRI. Volume 3(1).
Diterbitkan
2025-07-26